JAKARTA-berdemokrasi.com : Partai Gerindra dalam waktu dekat akan menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas). Pada rakornas tersebut, Partai Gerindra berencana mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) periode 2019-2024.

“Ya, nanti (deklarasi) tunggu rapat koordinasi nasional. Rencananya akan diselenggarakan awal April ya,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Terkait siapa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo, Fadli mengatakan, hal tersebut masih harus dibicarakan dengan partai koalisi. “Di situ nanti akan ada pembicaraan tentang elektabilitas, kapabilitas, akseptabilitas, dan lain-lain. Jadi, pembicaraan ruangnya itu masih sangat panjang karena ini masih cukup waktu, sekitar empat-lima bulan sampai awal Agustus nanti,” ujarnya.

Selain itu, komunikasi dengan seluruh partai, termasuk dengan partai yang belum menentukan arah koalisi, seperti PAN, PKB, dan Partai Demokrat, juga terus dilakukan Gerindra. Menurut Fadli, dukung-mendukung yang dilakukan sejumlah partai masih belum merupakan keputusan resmi sehingga masih ada kemungkinan-kemungkinan lain yang terjadi.

Mengenai deklarasi kader Gerindra meminta Prabowo sebagai capres, Fadli menegaskan, itu memang inisiatif dari daerah-daerah, DPD-DPD seluruh Indonesia. Saat ini Prabowo sedang berada di luar negeri.