JAKARTA-berdemokrasi.com : Keberhasilan TNI dan Polri dalam membebaskan warga di Papua yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon. “Saya mengucapkan selamat kepada para prajurit, polisi, Pangdam Cendrawasih dan Kapolda, atas keberhasilan operasi kemarinm,” kata Fadli, Minggu (19/11/2017).

Namun Fadli mengingatkan bahwa persoalan Papua bukan hanya sebatas keamanan. “Di sisi lain, sekali lagi jangan dilupakan bahwa masalah di Papua lebih kompleks daripada sekadar soal keamanan,” katanya. Salah satunya adalah persoalan kesejahteraan warga yang masih jauh dari harapan meski dana Otsus Papua sangat besar. “Kita perlu melakukan audit yang lebih serius terhadap pelaksanaan Otsus, tak hanya untuk kacamata sempit soal administrasi penggunaan keuangan negara, tapi karena masalah ini sangat terkait masa depan keutuhan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Karena itu, pemerintah dan BPK serta KPK perlu duduk bersama untuk membahas dana Otsus ini. Pasalnya, sudah 15 tahun dana itu mengalir namun tidak ada pembangunan yang berarti baik pembangunan fisik maupun manusianya. Sehingga Papua tetap ketinggalan.