Ragam

Fadli Zon Buka Pameran Filateli Bertema Kebhinekaan

prangko

JAKARTA-berdemokrasi.com: Prangko bukan hanya sebagai benda pos namun juga merekam keadaan pada suatu zaman. Karena itu, prangko juga berperan sebagai arsip sejarah yang penting. Sebab gambar prangko dan tahun dikeluarkannya memperlihatkan sejarah sebuah banga. Karena itu, pameran filateli bertema “Prangko dalam Kebhinekaan” yang digelar di Lobby Gedung Nusantara, Gedung DPR, memiliki makna penting.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang juga Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) dalam sambutan pembukaan menyatakan bahwa tema pameran filateli menjadi momentum yang tepat  untuk menapak tilas sejarah perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan dan mempelajari ulang Persatuan Indonesia dirajut dari berbagai perbedaan. “Kebhinekaan adalah kekuatan bukan ancaman. Kita bangsa Indonesia beragam dari sisi etnis dan agama. Kebhinekaan juga dilambangkan dalam burung garuda,” katanya dalam sambutan pembukaan, Selasa (26/9/2017). Dalam prangko, kebhinekaan akan terekam dari gambaran pakaian adat dan keindahan alam nusantara.

Lalu apakah prangko masih banyak digemari di era digital seperti saat ini? Menurut Fadli, hobi mengoleksi prangko akan tetap berlangsung karena memiliki keunikan tersendiri.  Prangko adalah benda yang bisa dipegang, sehingga suatu saat akan menjadi benda penting. Buktinya, banyak lelang prangko dengan harga tinggi. “Itu bukti bahwa prangko juga benda investasi,” ujarnya.

Pameran akan berlangsung pada 26-29 September. Dipamerkan lebih dari 100 koleksi dari 29 komunitas dan perorangan penggemar prangko.

 

Share:

Leave a reply