JAKARTA – berdemokrasi.com: Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Angkatan Darat (AD) dan Amerika Serikat (AS) berencana memulai latihan bersama penggunaan helikopter Apache tahun ini.

Adalah Joseph R Donovan, Duta Besar AS untuk Indonesia, yang mengatakan bahwa latihan ini dilakukan sebagai komitmen penguatan kerjasama militer antar kedua negara.

“Militer kedua negara akan mulai latihan bersama helikopter Apache yang baru saja dibeli Indonesia dari salah satu industri AS,” ucap Donovan.

Meski tak menjelaskan kapan waktu pastinya, Donovan memaparkan, latihan tersebut merupakan bagian dari latihan gabungan militer kedua negara yang telah berjalan sejak 2009, dikenal dengan misi Garuda Shield.

Garuda Shield merupakan latihan bersama militer AS-Indonesia yang dilakukan selama dua minggu dengan tujuan meningkatkan kemampuan perang angkatan darat kedua negara.

Tak hanya kapabilitas perang, Donovan menuturkan, latihan bersama ini juga penting dilakukan untuk memperkuat koordinasi militer kedua negara, dalam menghadapi tak hanya ancaman militer saja, tapi juga bencana alam di kawasan.

Selain Garuda Shield, Donovan mengatakan, sudah lebih dari 200 latihan gabungan dilakukan militer Indonesia-AS. Salah satunya latihan Cope West yang dilangsungkan di Manado pada November 2016 lalu.