KIEV- berdemokrasi.com: Kasus KTP elektronik (E-KTP) telah membuat kegaduhan yang belum terselesaikian. Hal ini akan berdampak buruk pada masyarakat. Karena itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap kasus ini segera usai. “Kita berharap agar kasus korupsi e-KTP ini bisa segera diselesaikan, agar kehidupan kenegaraan kita tak tersandera oleh persoalan tersebut,” katanya, Sabtu (18/11/2017), di tengah acara Kunjungan Muhibahnya di Ukraina.

Fadli mengaku prihatin atas kegaduhan proses hukum atas kasus yang terjadi pada era 2009-2014 itu.”Namun kita harus menjaga agar tanggapan terhadap kasus tersebut tetap proporsional, tak melebar ke mana-mana,” katanya.

Sebab Indonesia adalah negara hukum, maka semua pihak harus menghormati proses yang kini sedang dijalani oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Dan siapapun yang menghadapi sengketa, memang sudah seharusnya berpegang dan merujuk pada undang-undang. “Di sisi lain, Setya Novanto pun  memiliki hak untuk menempus jalur hukum yang tersedia. Dan hak itu perlu dihormati,” katanya.