JAKARTA-berdemokrasi.com: Wakil Ketua DPR RI, Dr. Fadli Zon, SS., MSc., adalah kolektor filateli yang sudah amat dikenal di dunia. Pada ajang Kompetisi dan Pemeran Filateli Duni bertajuk “Bandung 2017” koleksi perangko Fadli Zon kembali diikutsertakan.
Dalam ajang bergengsi tersebut, koleksi perangko Fadli Zon diikutsertakan ke dalam beberapa kelas. Koleksi  berjudul Netherlands Indies Postal Cancellation 1789-1917 dikompetisikan pada kelas Postal History 8 Frame. Sementara koleksi berjudul Netherlands Indies Postal Stationery 1874-1942 diikutsertakan pada Kelas Postal Stationery 5 Frame. Jadi. total ada dua judul koleksi Fadli Zon diikutsertakan dalam “Bandung 2017” tersebut.
Sepak terjang Wakil Ketua DPR RI Dr.Fadli Zon dalam dunia filateli telah diakui, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Koleksinya telah dipamerkan pada pameran filateli dunia di berbagai negara.
Beberapa pameran internasional yang telah diikuti, antara lain pameran filateli internasional di China pada 2011, Australia pada 2013, Korea dan Malaysia 2014, Singapore, Hongkong, dan Taipei 2015,  New York dan China 2016, serta Melbourne pada 2017.
Koleksi-koleksi perangko Fadli Zon yang dipamerkan tersebut telah memperoleh penghargaan Medali Large Vermeil (88) dan Vermeil (82). Sedangkan untuk tingkat Nasional, koleksi pemilik ‘Fadli Zon Library’ ini telah meraih penghargaan Medali Gold (90) di Baliphex 2015.
Kompetisi dan Pameran Filateli Dunia  “Bandung 2017” diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) bersama Kementerian Kominfo dan PT Pos Indonesia. Pameran digelar dalam rangka memperingati momen Hari Kemerdekaan ke-72 RI, HUT ke-72 Provinsi Jawa Barat, dan HUT ke-107 Kota Bandung. Kegiatan pameran berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Bandung, 3-7 Agustus 2017.
Selain itu, “Bandung 2017” merupakan ajang kompetisi bergengsi para filatelis internasional yang diikuti oleh perwakilan dari 60 negara Federasi Filateli di dunia. Semuanya tergabung di dalam FIP (Federation Internationale de Philatelie).
Total koleksi yang dipamerkan berjumlah 455 koleksi dan 1937 frame. Terdapat 9 kelas yang dikompetisikan, yang terdiri dari kelas Postal History, Traditional Philatelic, Postal Stationery, Aerophilately, Thematic Philately, Youth Philately, One Frame Exhibit, Modern dan Literature.
Dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, menjelaskan tentang pentingnya dunia filateli. Kata Fadli Zon, perangko telah menjadi bagian dari arsip sejarah yang bernilai tinggi. Keberadaannya tidak sekedar menjadi tanda bagi bea pengiriman pos, tetapi telah menjadi arsip bagi berbagai peristiwa bersejarah, alat komunikasi pembangunan, serta jembatan diplomasi yang menghubungkan berbagai bangsa.
Fadli Zon berharap, dengan adanya pameran ini, dunia filateli semakin mendapat tempat yang luas di tengah masyarakat Indonesia.**