SUKABUMI – berdemokrasi.com: Tidak kurang satu hektare lahan pertanian dan saluran irigasi rusak akibat longsor tebing setinggi kurang lebih lima meter di Desa Cikembang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Yana Rusyana, Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, di Sukabumi, Jumat (14/4/2017), mengatakan, bencana tanah longsor ini disebabkan hujan deras sehingga tebing yang berada di dua kampung tepatnya di Kampung Pajegan Kaler RT29/09 dan Pajeganlegok RT 20/06, Desa Cikembang, Kecamatan Caringin longsor dan menimbun lahan pertanian dan saluran irigasi yang ada di bawahnya.

Menurut Yana, untuk kerugian masih dalam perhitungan, namun tidak ada korban pada musibah ini. Selain merusak lahan pertanian dan sarana irigasi, longsor tersebut mengancam tiga unit rumah yang ada di atas tebing.

Infomasi dari BPBD, tiga rumah yang terancam tersebut milik Dahyari, Pandi, dan Daman. Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya mengimbau kepada warga yang rumahnya berada di bibir tebing untuk mengungsi.

Melihat dari kondisi tebing tersebut ditambah curah hujan yang tinggi berpotensi terjadi bencana longsor susulan. Untuk saluran irigasi dan lahan pertanian yang tertimbun material longsor saat ini tengah dibersihkan warga secara gotong-royong yang dibantu relawan penanggulangan bencana.