TOKYO-berdemokrasi.com :  Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan diri menjadi juara turnamen bulu tangkis Jepang Open Super Series 2017 selepas memenangkan pertarungan melawan wakil tuan rumah Takuto Inoue/Yuki Kaneko di partai final.

Laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mencatat dalam partai final di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Ahad, pasangan Indonesia membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk menyudahi perlawanan Inoue/Kaneko dalam dua gim berkesudahan 21-12, 21-15.

Bermain dengan dukungan publik sendiri, tidak bisa membuat Inoue/Kaneko lepas dari dominasi Marcus/Kevin sejak awal gim pertama. Bahkan duet putra terbaik Indonesia saat ini tersebut mampu terus menjauhi perolehan poin wakil tuan rumah.

Kendati usaha duet Jepang berperingkat 17 dunia ini mengejar ketertinggalan 10-17 membuahkan hasil menjadi 12-17, Marcus/Kevin masih terlalu digdaya bagi mereka dan pasangan Indonesia tersebut langsung melesat mencetak empat poin tanpa balas untuk memastikan kemenangan gim pembuka 21-12.

Pada gim kedua, Marcus/Kevin masih mendominasi, akan tetapi duet Jepang memberikan perlawanan lebih baik dibanding gim pertama, mereka sempat memperkecil ketertinggalan menjadi hanya berjarak tiga angka saja 5-8, 8-11 dan 9-12.

Pasangan Jepang terus berusaha memperkecil ketertinggalan angka dari Marcus/Kevin, akan tetapi pasangan Indonesia kembali menunjukan kualitasnya dengan terus menjauhi poin Inoue/Kaneko dan memastikan membawa gelar juara Jepang Open 2017 dengan poin 21-15.

Bagi Marcus/Kevin, juara Jepang Open ini ini menjadi gelar Super Series keempatnya untuk tahun 2017 ini setelah sebelumnya mendapatkan juga gelar di All England, India Open dan Malaysia Open.

Kesuksesan Marcus/Kevin di Jepang Open 2017 mengundang rasa salut mantan Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan yang menurutnya pasangan Indonesia ini ditakdirkan untuk hal-hal yang lebih besar dalam bulu tangkis.

“Sejarahnya, podium ganda putra Jepang Terbuka dipertuntukan bagi yang terbaik dari yang terbaik. Marcus/Kevin ditakdirkan untuk hal-hal yang lebih besar,” kata Gita dalam kicauannya di Twitter.