JAKARTA – berdemokrasi.com: Joko Widodo, Presiden RI masih berharap paripurna DPR RI bersedia menyetujui usulan Pemerintah mengenai ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold (PT) sebesar 20%.

Akan tetapi, Jokowi tetap menyatakan bahwa keputusan akhir rapat paripurna merupakan wilayah Parlemen.

Presiden selepas membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center, Rabu (19/7/2017), mengatakan,  dari pengalaman beberapa kali Pemilu kan sudah 20% berjalan baik.

Ditambahkannya, pemerintah tetap ingin sistem politik menganut presidential threshold 20% adalah untuk membuat sistem pemilihan menjadi kian sederhana pada masa depan.

Adapun, rapat paripurna dijadwalkan dilakasanakan Kamis (20/7/2017).

“Semakin sederhana, semakin turun, tetapi kita juga tahu, jangan sampai ada partai yang dirugikan. Tapi, itu wilayahnya DPR,” tutur Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Khusus RUU Pemilu Lukman Edy menyampaikan,  pembahasan lima paket isu krusial tersebut akan dilanjutkan ke rapat paripurna.

“Seluruh fraksi dan pemerintah menyepakati agar lima paket opsi isu krusial dibawa ke dalam rapat paripurna untuk diambil keputusan,” papar Lukman.