DEPOK-berdemokrasi.com : Hadir dalam acara Reuni Akbar Sastera Rusia (Ikasslav) di Gedung Auditorium IX FIB Universitas Indonesia, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengenang saat masih berjaket kuning, mahasiswa Sastera Rusia  di Universitas Indonesia (UI) angkatan 1991.

Hal yang paling membanggakannya, adalah saat terpilih menjadi mahasiswa berprestasi pertama dari fakultas sastera. “Biasanya mahasiswa berprestasi itu dari kedokteran atau ekonomi,” katanya, Sabtu (23/9/2017).  Setelah terpilih itu, dia pun terpilih menjadi mahasiswa berprestasi dari UI.

Karena prestasi itulah, Fadli mendapat banyak beasiswa hingga bisa mengunjungi banyak negara. Dan saat kuliah itu pula, Fadli sudah bekerja sebagai wartawan.

Menurut Fadli, kuliah di Sastera UI bisa bekerja di mana saja. Bukan hanya menjadi penerjemah belaka. Fadli  mencontohkan dirinya yang bisa berkiprah di dunia politik hingga menjadi wakil ketua DPR. Bahkan, Sastera Rusia punya banyak keunggulan dibandingkan fakultas sastera lain seperti Inggris, Jerman atau Jepang. “Yang lain itu kan biasa, tapi Sastra Rusia itu luar biasa,” katanya.