Gelora

Revolusi dari Atas

fadli Zon45

Partai GERINDRA kini memasuki tahun kelima. Kita dinyatakan lulus verifikasi administrasi dan faktual oleh KPU. Gerindra resmi menjadi peserta Pemilu 2014 bersama sembilan partai lain. Gerindra mendapat nomor urut 6 dalam Pemilu. Inilah saatnya kita memimpin Revolusi dari Atas (revolution from above). Revolusi dari atas adalah perubahan dari atas, perubahan kepemimpinan nasional.

Sebagai partai rakyat, Gerindra satu-satunya partai yang membuka kesempatan pada segenap komponen bangsa berjuang bersama. Gerindra mengajak tokoh-tokoh bangsa menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Bukan kekurangankader, tapi kita tunjukkan bahwa Gerindra milik rakyat, wadah perjuangan petani, buruh, pedagang, pengusaha, intelektual, seniman budayawan dan profesi lainnya.

Pertarungan politik ke depan ada dua: pertarungan darat di daerah pemilihan (dapil) dan pertarungan persepsi (perception war).Kompetisi di dapil akan ditentukan sejauh mana kita bisa menempatkan orang-orang terbaik yang punya basis dukungan. Integritas, kapabilitas, elektabilitas menjadi syarat dasar bagi caleg Gerindra. Modal finansial tak selalu menjadi ukuran. Modal sosial (social capital) dan modal budaya (cultural capital) merupakan bentuk modal yang sangat penting. Sejauh mana caleg punya kiprah, rekam jejak dan jaringan di daerah pemilihan itu.

Kompetisi dalam persepsi tak kalah pentingnya. Di era informasi dan teknologi komunikasi yang berkembang pesat, persepsi bisa dibangun positif namun juga bisa jatuh negatif Kini informasi tak berbatas.Berbagai kasus korupsi, narkoba atau kasus-kasus lain yang menimpa suatu partai politik, akan mudah mengubah sikap pemilih. Pemilih semakin cerdas dan kritis khususnya pemilih muda yang berjumlah 38% dan kalangan kelas menengah yang akrab dengan media sosial.

Kekuatan Gerindra kini ada enam. Pertama, ideologi (manifesto perjuangan).Ideologi kita adalah kerakyatan dan kebangsaan yang akan selalu membela kepentingan nasional yaitu kepentingan rakyat.Hal ini tertuang dalam manifesto perjuangan bahwa Gerindra berdiri membela kepentingan rakyat di segala bidang.Platform ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan sesuai Pasal 33 UUD 1945.

Kedua, program aksi. Kita juga sudah menyusun program aksi yang akan dijalankan ketika mendapat dukungan rakyat dalam pemerintahan. Program itu berpihak pada rakyat mayoritas yaitu petani, pedagang pasar, nelayan, desa dan masyarakat umumnya. Ketiga, tokoh. Gerindra memiliki kandidat yang kuat untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2014 yaitu Ketua Dewan Pembina, Prabowo Subianto. Keempat, infrastruktur. Infrastruktur partai semakin hari makin baik, terisi di seluruh jenjang kepengurusan. Kelima, waktu. Kita masih punya waktu untuk terus melakukan sosialisasi, penggalangan dan kampanye hingga satu tahun ke depan. Keenam, tahun 2014 adalah momentum bagi Partai Gerindra untuk merebut kekuasaan secara damai dan konstitusional. Inilah saatnya melakukan Revolusi dari Atas

Share:

Leave a reply