JAKARTA-berdemokrasi.com : SHAFA Sabila Fadli, putri Plt Ketua DPR Fadli Zon, 6 Januari 2018 meluncurkan dua single terbarunya berjudul “Hope” dan “Kita Jalin Rasa” di Grand Kemang Hotel, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh beberapa musisi, seniman, hingga politisi. Tampak hadir di acara yaitu Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, musisi Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Yoes Rizal (pelukis), Abrory (penyair) dan beberapa rekan politisi Fadli Zon.

Dua lagu yang diluncurkan yaitu berjudul “Hope” dan “Kita Jalin Rasa”. Lagu “Hope” merupakan lirik lagu ciptaan Nico Adjibandie dengan aransemen musik Septa Suryoto. Lagu kedua berjudul “Kita Jalin Rasa” merupakan lirik lagu Grace Fadli dengan aransemen musik oleh Septa Suryoto. Dua lagunya bisa dinikmati di channnel youtube berikut: Shafa Sabila Fadli – Hope (Official Music Video) https://youtu.be/NNGwModZbXc
Shafa Sabila Fadli – Kita Jalin Rasa (Official Music Video) https://youtu.be/28AV4ZHwWZU

Sebelum meluncurkan lagu, Shafa juga menyebut sempat meminta nasihat kepada Ahmad Dhani. Shafa mengatakan Dhani sempat memberi tips bernyanyi kepada dirinya. “Saya sempat ngobrol sama om Dhani cuma dikasih tips aja kalo nyanyi rekaman gini yang penting enak didengar,” ujarnya.

Sebelumnya, Shafa juga pernah menggelar acara “Konser Mini” pada 11 Oktober 2014 di Rumah Budaya Fadli Zon di nagari Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat. Kemudian pada tahun 2016, Shafa juga menggelar konser tunggal “A Tribute to Homeland” di Gedung Kesenian Jakarta.

Keseriusan Shafa dalam menekuni hobinya ditunjukkan dengan rajin berlatih menyanyi dan alat musik ke beberapa guru profesional. Menurut pengakuannya, Ia berlatih pada Catharina Leimena, seorang guru vokal profesional dan terkemuka di Indonesia. Sejak 2013 hingga tahun 2016, Shafa juga mengikuti Stagedoor Manor Camp di Loch Sheldrake, New York setiap libur musim panas. Stagedoor Manor adalah lembaga pendidikan yang telah banyak menghasilkan aktor dan aktris terbaik dunia, seperti Natalie Portman, Robert Downey Jr, Lea Michelle dan lainnya.

Gadis kelahiran 1998 ini telah memulai kariernya sebagai penyanyi dalam berbagai event. Shafa juga pernah memainkan piano dan biola dalam sejumlah pertunjukan. Juga menjadi pemeran dalam pentas musikal Les Miserables, Evita, Miss Saigon, Nine dan lain-lain.

Dalam pengakuannya, Shafa berkeinginan memopulerkan musik seriosa di kalangan masyarakat Indonesia. “Saya latihan mempelajari opera, drama musikal, dan seriosa. Jarang anak muda menyanyikan seriosa” Menurutnya, seriosa mempunyai pecintanya tersendiri. Justru dirinya sebagai anak muda ingin memotivasi para penyanyi di Tanah Air supaya berani menyanyikan genre musik berbeda.

Selain menyanyi, Shafa juga menyukai drama, melukis, bermain piano dan biola, serta bermain bola. “Saya biasa ngelatih bola untuk anak-anak setiap hari Rabu. Saya juga ikut bergabung dalam tim bola di Kampus Queen Mary dengan jadwal latihan seminggu sekali” ungkapnya.

Fadli Zon sendiri mendukung kegiatan putri sulungnya tersebut. Menurutnya,
Shafa sudah memiliki passion musik sejak kecil. Shafa juga tertarik untuk berlatih memainkan berbagai alat-alat musik. “Untuk kegiatan positif, tentu saja saya mendukung selama dia suka dengan apa yg dijalani (hobi). Bahkan sekarang Shafa sebagai striker di tim bola kampus Queen Mary. Ya go ahead saja” ungkap Fadli.

Sebagai orang tua, saya hanya bekali anak-anak dengan pendidikan, agama, seni budaya. Setelah itu, tentu punya kehidupan sendiri, kata Fadli Zon. “Shafa punya cita-cita bagaimana ia tidak ingin disebut sebagai anak Fadli Zon, tapi Fadli Zon itu ayahnya Shafa Sabila. Ia punya sikap dan pendapat sendiri yang kadang berbeda dengan saya,” kata Fadli.