Figur

Syukuran 81 Tahun Seniman Anas Joesoef

anasgumarang

JAKARTA-berdemokrasi.com: Nama Anas Joesoef di kalangan anak muda sekarang mungkin sudah tidak banyak dikenal. Namun, dalam blantika musik seriosa dan lagu Minang,  Anas Joesoesf terbilang legenda.

Anas-lah penyanyi seriosa yang pernah memenangkan juara I Bintang Radio  tahun 1959 se-Indonesia. Setelah itu, Anas berangkat ke Jerman dan berkarir sebagai penyanyi tenor di sana.  Dia juga dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu grup Gumarang yang terkenal pada kurun weaktu 1950-1960-an.

Untuk merayakan  hari ulang tahunnya yang ke-81, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyelenggarakan perayaan di rumah dinasnya, di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (28/8).

Fadli  yang saat ini sedang menyelesaikan penulisan buku tentang perjalanan Orkes Gumarang 1954-1964 mengaku bersyukur bisa bertemu Anas Joesoef.

“Saya sudah hampir lima tahun mencari Pak Anas. Baru bertemu beliau minggu lalu. Karena 28 Agustus ini ia tepat berusia 81 tahun, maka saya buat acara sederhana, makan siang mengundang sahabat-sahabat seniman lain,” ujarnya.

Sejumlah tokoh dan seniman hadir dalam acara tersebut, antara lain Ketua DPD RI Irman Gusman, mantan Kapolri Awaloedin Djamin, lalu rekan Anas Joesoef di Orkes Gumarang: Syaiful Nawas dan penyanyi Minang legendaris Elly Kasim.

Hadir juga guru vokal dan penyanyi soprano senior Catharina Leimena, pianis Marusya Nainggolan, Ahmad Dhani, Neno Warisman, Fryda Lucyana, Linda Djalil, serta banyak lagi seniman lainnya.

Di usianya yang ke 81 tahun, Anas Joesoef juga mendapatkan kado istimewa berupa penghargaan dari MURI sebagai Insan Indonesia Terlama Berkarir sebagai Penyanyi Opera di Luar Negeri. Anas menjadi penyanyi opera selama 35 tahun di Jerman.

 

Share:

Leave a reply