DEPOK -berdemokrasi.com : Di tahun 2016 ini,  Universitas Indonesia (UI)  menerima calon mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri, Simak UI. Dari 32.109 peserta SIMAK UI 2016, 2.903 di antaranya dinyatakan lulus.

Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti menjelaskan, proses registrasi akademik bagi para calon mahasiswa UI yang lulus melalui SIMAK UI 2016 dilaksanakan pada 26-27 Juli 2016 di Balairung UI, Depok. Pengumuman kelulusan SIMAK UI 2016 dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id/id/

Menurut Rifelly, sejak 2013, UI telah membebaskan uang pangkal (UP) bagi para mahasiswa yang diterima di program S-1 Reguler baik melalui SIMAK UI, SBMPTN dan SNMPTN. Begitu pula dengan biaya uang kuliah, para calon mahasiswa S-1 Reguler UI melalui SIMAK UI juga akan menerima skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B).

“Angkanya menyesuaikan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa,” ungkap Rifelly dalam keterangan tertulis pada wartawan.

Pada pelaksanaan SIMAK UI 2016, program studi favorit pada Program S-1 Reguler adalah Pendidikan Kedokteran yang dipilih 3.912 peserta. Pada Program S-1 Paralel, program studi Hukum diminati 3.128 peserta; sedangkan, pada program pendidikan Vokasi, Komunikasi ada 1.874 peserta.

SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S-1) Kelas Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S-3). Melalui SIMAK UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal delapan program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian. (PM)