HeadlineHukum

Tersangka Kasus Ujaran Kebencian, Jonru Langsung Ditahan

jonru

JAKARTA-berdemokrasi.com :  Penulis sekaligus narablog, Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting resmi menyandang status tersangka dalam kasus ujaran kebencian di media sosial atas laporan yang dilayangkan oleh Muannas Al Aidid.

Pengacara Jonru Ginting, Juju Purwantoro menyampaikan, kliennya langsung ditahan setelah penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya mengintrogasi dari Kamis 28 September sore hingga dini hari tadi.

“Pemeriksaan dari sore kemarin itu sampai lewat tengah malam tuh, dinihari, sebetulnya dari proses penyelidikan, tiba-tiba tersangka, langsung ditahan,” kata Juju saat dikonfirmasi, Jumat (29/9/2017).

Jonru Ginting dijerat Pasal 28 Ayat 2 UU ITE dengan ancamannya di atas lima tahun penjara. Menurut Juju penahanan terhadap kliennya itu terkesan dipaksakan hanya dengan alasan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Jadi terlalu dipaksakan, terlalu subyektif sekali karena hanya gara-gara ancamannya diatas 5 tahun, kalau sudah seperti itu selalu penyidik jadi memiliki keputusan yang angat represif, luar biasa dan subyektif,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Jonru Ginting dilaporkan oleh Muannas Al Aidid ke Polda Metro Jaya pada 31 Agustus 2017 silam karena diduga melakukan penyebaran ujaran kebencian melalui akun media sosial Facebook.

Dalam laporan itu, polisi mencantumkan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Share:

Leave a reply