WASHINGTON- berdemokrasi.com :  Kabar mengejutkan datang dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Selasa (13/3/2018). Trump memutuskan untuk memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan menunjuk Direktur CIA Mike Pompeo sebagai penggantinya.

“Kami tidak memiliki pandangan yang sama. Ada perbedaan pola pikir dan pandangan yang berbeda,” ujar Trump di Gedung Putih mengutip New York Times.

Meski demikian, melalui akun Twitternya, Trump menyampaikan rasa terima kasih kepada Tillerson karena telah bekerja dengan baik selama menjabat.

 Seorang pejabat Gedung Putih menjelaskan kepada BBC tentang waktu pengumuman pencopotan Tillerson itu: “Presiden ingin memastikan dia memiliki tim yang baru menjelang perundingan dengan Korea Utara dan berbagai perundingan dagang yang sedang berlangsung.”

Tillerson baru mengetahui dirinya telah dipecat sebelum fajar, sesaat setelah penerbangannya kembali dari kunjungan selama sepekan ke Afrika.

Bukan rahasia lagi kalau Presiden Trump memiliki hubungan kerja yang kurang harmonis dengan Menlu Tillerson.

Selain soal pemecatan Tillerson, Trump juga akan mengangkat Gina Haspel sebagai Direktur CIA. Haspel bakal menjadi perempuan pertama memimpin lembaga mata-mata tersebut.