LONDON-berdemokrasi.com: Waynea Rooney, melalui situs resmi Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengumumkan pensiun dari timnas Inggris, pada Rabu (23/8/2017).

Rooney mantan kapten Manchester United yang sekarang kembali berseragam Everton berstatus sebagai kapten timnas Inggris sejak Steven Gerrard pensiun pada 2014.

Rooney tidak pernah dipanggil lagi ke skuat timnas Inggris sejak November 2016. Saat itu, Rooney hanya duduk di bangku cadangan ketika The Three Lions bermain imbang 2-2 melawan Spanyol.

Menurut Rooney, keputusan pension dari timnas Inggris diambil setelah bepikir matang-matang. Pemain 31 tahun itu telah berdiskusi dengan keluarga, manajer Everton dan teman-teman terdekatnya.

“Keputusan ini sangat berat untuk saya. Saya telah berdiskusi dengan keluarga, manajer di Everton, dan orang-orang terdekat. Bermain untuk timnas Inggris sangat spesial untuk saya. Saya berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantu,” kata Rooney di situs resmi FA.

“Akan tetapi, sekarang waktunya saya untuk mundur. Saat ini, saya ingin berkonsentrasi membawa Everton berprestasi. Namun, saya akan tetap mendukung timnas Inggris. Satu-satunya penyesalan saya adalah gagal membawa Inggris memenangi turnamen internasional,” lanjutnya.

Waynea Rooney berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Inggris dengan torehan 53 gol. Selain itu, Rooney berada di urutan kedua pemain yang paling sering bermain untuk The Three Lions dengan 119 penampilan.